Minggu, 30 Oktober 2011

tentang jodoh dan soulmate

pernah dengar dong dengan istilah “jodoh” atau “soulmate”? pernah nonton “serendipity”, “made in heaven”, “the soul mate”, atau “just like heaven” ?

da sebuah mitos tentang “soulmate”. katanya orang yunani sih, dulu manusia itu bermuka 2, bertangan 4, berkaki 4. karena zeus takut ada apa-apa, dibelahlah manusia jadi dua. jadi menurut mereka soulmate itu bukan jodoh. tapi semacam dua raga satu jiwa gitu.

“soulmate”
didefinisikan sebagai “someone with whom one has a feeling of deep and natural affinity, friendship, love, intimacy, sexuality” . jadi, sebenarnya kata “soulmate” kurang sepadan dengan “jodoh” karena arti soulmate itu lebih luas: teman yang sangat dekat, 2 individu yang berhubungan kuat, seseorang yang menjadi balance of life mu, dan sebagainya.

in my humble opinion, yang namanya "jodoh" tidak pernah ada. itu hanya konsep konyol yang diciptakan manusia. banyak pertanyaan yang tidak pernah terjawab oleh orang-orang di sekelilingku :

  1. jika jodoh benar ada, apakah ada kemungkinan seseorang tidak bertemu jodohnya? ada yang percaya jika tidak bertemu maka akan bertemu di surga. ada yang percaya juga akan bertemu di reinkarnasi berikutnya. [ayo dijawab... tapi jangan jawab tentang ada tidaknya surga / reinkarnasi yah, apalagi pakai ayat-ayat]
  2. berapa jodoh untuk tiap individu? satu? atau lebih dari satu? empat? *nyindir*
  3. jika anda menjawab pertanyaan sebelumnya dengan "lebih dari satu", maka coba tanyakan kembali pada diri anda, apa semua orang akan berpasang-pasangan dengan "benang takdirnya" ini sehingga masing-masing akan bertemu jodohnya?
  4. apa ada orang yang memang tidak punya jodoh?
  5. apa yang terjadi kalau seseorang tidak bertemu jodohnya?
  6. apa orang yang bercerai, selingkuh, dan sebagainya karena menikah dengan seseorang yang bukan jodohnya? [awas... hati-hati menjawab yang ini, karena kalau jawabanmu "ya", kamu akan pusing dengan pertanyaan berikutnya]
  7. apa tanda seseorang jodoh? menikah? menikah dan tidak pernah cerai? punya anak? pernah dekat? apakah yang bercerai artinya bukan jodohnya? kalau begitu tandanya bukan menikah bukan? atau memang tidak ada tandanya?
  8. apakah jodoh bisa berasal dari manusia yang berlainan ras? suku? agama?
  9. *ehm* apakah jodoh seseorang itu selalu dari spesies yang sama dan berlawanan jenis kelamin? [bisa ga' satu dari bumi satu dari krypton?]
mana yang lebih sering didengar :
  1. “sudahlah, relakan dia, dia bukan jodohmu”
  2. “kalau memang jodoh pasti kalian akan bertemu lagi”
  3. “ternyata mereka memang jodoh sampai mati”
nomor 1 dan 2 kan? “jodoh” hanyalah istilah yang dibuat untuk menghibur seseorang yang patah hati. Hehehe...

0 komentar:

Posting Komentar