Jumat, 07 Oktober 2011

Efek Samping Terlalu Percaya Diri (OVERCONFIDENCE)

Orang yang percaya diri dalam menjalani segala sesuatu emang bagus dan menguntungkan. Tapi, kalau overconfidence, gimana jadinya, ya? Okay, sebelumnya kamu mesti menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini untuk mengetahui seberapa PD sih kamu

1. Apakah kamu sering merasa kesal kalau ada orang yang mengkritik bidang yang kamu rasa kamu kuasai banget? Misalnya, kalau dibilang suaramu kurang bagus, padahal kamu merasa kamu jago nyanyi.
2. Apakah kamu merasa sedih banget setiap kali menghadapi kegagalan? Padahal kamu sudah yakin bakal bisa melakukannya
3. Apakah kamu yakin banget kalau apapun yang kamu lakuin pasti berhasil dan sukses?
4. Apakah kamu suka kasih saran pada seseorang berdasarkan pengalaman sendiri saja?
5. Apakah kamu suka banget mengerjakan hal-hal yang sebenarnya kurang kamu kuasai?
6. Apakah kamu sering banget mikir kalau kamu selalu bisa menarik perhatian banyak orang?
7. Apakah kamu jarang merasa kalau ada orang yang kesal sama kita? Nggak peduli pendapat orang lain?

Kurang atau tepat 5 jawaban ya:
Tingkat PD kamu sudah pas dan menguntungkan. PD kayak gini bikin kamu sadar dengan kemampuan dan bisa mengembangkannya. Tapi kamu harus tetap sadar kalau punya beberapa kekurangan yang harus diperbaiki
Lebih dari 5 jawaban ya:
PD kamu sudah berlebihan. Kamu merasa jauh lebih oke dari orang lain dan nggak mau lagi melihat kekurangan diri sendiri. Kalau seperti ini terus, banyak orang yang akan melihat kamu sebagai orang yang sombong.

Lalu apa sih efek samping kalau kamu terlalu percaya diri:
1. Disebelin
Sudah jelas, terlalu percaya diri (overconfidence) biasanya bikin kamu terlihat sombong di mata orang lain. Kamu selalu merasa yakin dengan pendapat dan kemampuanmu tapi nggak sadar kalau kamu sebenarnya memiliki kekurangan yang harus diperbaiki.
2. Nggak berkembang
Karena terlalu percaya diri (overconfidence) dengan kemampuan diri sendiri, kamu jadi nggak sadar kalau ada beberapa kekurangan yang mungkin sudah harus diubah. Misalnya kamu selalu percaya diri buat nyanyi di depan umum, meskipun teknik vokalmu sebenarnya masih standar. Tapi karena kamu merasa suaramu sudah bagus dan nggak mau dikritik, kamu pun jadi malas untuk latihan.
3. Ganggu orang lain
Orang yang terlalu percaya diri (overconfidence) biasanya mendominasi orang-orang di sekitarnya. Ini membuat orang yang minder, jadi nggak nyaman atau semakin minder.
4. Bikin malu
Karena terlalu percaya diri (overconfidence), kadang kita nggak sadar kalau ada perilaku yang sebenarnya sudah malu-maluin banget. Misal, kamu dengan yakinnya mencalonkan diri untuk ikut Indonesian Idol, padahal kamu sama sekali nggak bisa nyanyi. Malu dong, kalau tiba-tiba kamu dishoot dan malah jadi bahan tertawaan orang-orang.

0 komentar:

Posting Komentar