Selasa, 24 Juli 2012

Tips Wajah Tetap Fresh Selama Berpuasa

Hi Girls...
waaaw gak terasa aja uda Bulan Ramadhan lagi..bersyukur masih bisa bertemu ramadhan tahun ini lengkap dengan My family...^^
gmna dengan kalian Girls..?.masih utuh kan Puasanya...lanjut hari ke 4 nih..
hyoo semangat....
Mbak Tips mau kasih Tips nih..
Rahasia biar Face tetep Kece Bede di bulan Puasa...:hihi..







yuk cekidot..

1.Usahakan Agar Tetap Sahur
Buat kalian semua pasti berat kan pas mau makan sahur..sama ama Gue..
udah tidur lelap2 eh musti bangun buat makan..yah begitulah...wajib juga harus dilakukan..
nah kalian mesti pinter pinter milih menu buat sahur.
Untuk menu sahur kalian, sebaiknya pilih makanan yang mengandung serat dan berprotein tinggi. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Makanan manis mengandung kadar gula tinggi, sehingga memicu pemakaian energi lebih banyak. Kondisi ini membuat tubuh cepat merasa mengantuk karena kekurangan energi dan kekurangan asupan oksigen ke otak. Selain itu makanan manis juga membuat tubuh bereaksi secara cepat melepaskan insulin. Insulin berfungsi memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Sedangkan makan makanan berserat membuat proses pencernaan lebih lambat dan membantu insulin dikeluarkan secara bertahap. Sebaiknya
kalian makan sahur setengah jam sebelum masuk waktu imsak. Biasakan makan sampai anda merasa cukup dan tidak terlalu kenyang. Sahur sebelum imsak sangat baik untuk mencegah terlewatnya shalat Subuh.
2. Perhatikan asupan makanan dan minuman anda
Selama berpuasa, sebaiknya saat sahur dan berbuka kalian mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam lemak esensial, EFA (Essential Fatty Acid) seperti GLA (Gamma Linoleic Acid) yang dapat menambah kekenyalan dinding sel sehingga air dalam tubuh kita tidak lekas berkurang. Jenis makanan yang mengandung GLA antara lain: sayuran hijau berbiji seperti buncis, kacang panjang, kacang polong dan oyong.
Pastikan menu berbuka puasa kalian mengandung kalori dan protein tinggi, seperti ikan, daging, telur, kacang-kacangan, tahu tempe. Bila memungkinkan anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Nasi merah memiliki karbohidrat kompleks sehingga proses metabolisme bisa berlangsung secara bertahap, dan tidak memerlukan atau menghasilkan energi berlebihan. Efeknya adalah kalian akan merasa kenyang lebih lama.
Hindari pula makanan pedas, seperti jahe, cabai, lada, yang sifatnya merangsang panas dan menimbulkan keringat. Hal ini tentunya akan mengurangi kadar cairan dalam tubuh anda. Selain itu, hindari pula makanan yang asam, beralkohol, bersantan, gorengan, dan camilan yang mengandung MSG.
Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan, seperti pisang, pepaya, apel manis, bengkoang dan buah-buahan segar yang lain yang manis dan mengandung banyak air. Namun perlu pula diperhatikan, hindarilah buah-buahan yang sifatnya diuretic, seperti semangka, tomat, mentimun, karena buah-buahan tersebut membuat cairan tubuh terus menerus keluar.
Saat sahur dan berbuka biasakan minum susu atau teh sebanyak 200 cc, Teh yang disarankan adalah teh hijau. Sebab teh hijau kaya akan antioksidan polifenol juga bisa membantu tubuh agar tetap segar dan bersemangat. Bahan aktif yang terdapat pada minuman teh hijau adalah polifenol yang bersifat antioksidan, yaitu melawan radikal bebas yang terbentuk pada metabolime tubuh kita. Radikal bebas akan memicu terjadinya stres oksidasi yang sangat merugikan tubuh. Kandungan polifenol antara lain mencegah terjadinya kanker dan peradangan di kulit. Teh hijau mampu memperlambat penuaan kulit karena EGCG 200 x lebih kuat daripada vitamin E dalam menghancurkan radikal bebas yang merusak kulit.
3. Gunakan selalu pelembab untuk menghindari kulit kering
Agar terhindar dari gangguan kulit kering atau dehidrasi selama berpuasa antara lain adalah jangan terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung. Gunakanlah baju berlengan panjang dan payung jika anda terpaksa harus beraktifitas di luar rumah atau di luar kantor. Jangan lupa untuk sering menggunakan cream atau lotion agar permukaan kulit tetap lembap dan tidak kering. Perbanyaklah minum air saat sahur dan berbuka agar kulit tidak menjadi kering dan mengalami dehidrasi.
Pada saat beraktivitas di dalam ruang ber-AC, jangan lupa untuk menggunakan pelembab kulit wajah dan pelembab bibir. Gunakan kembali pelembab tersebut setelah kalian selesai sholat. Karena pelembab yang kalian gunakan akan larut saat ber-wudhu. Dengan berwudhu, kulit kalian juga akan tetap terjaga kelembabannya karena air yang membasuh kulit. Pelembab
dapat menjaga kadar air kulit dan mencegah penguapan berlebihan, dengan demikian kulit kalian akan tetap lembab dan terjaga dari kekeringan.
4. Menjaga kebersihan mulut dan gigi agar terhindar dari bau mulut
Ketika berpuasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Namun bau mulut sebaiknya tidak perlu terlalu dirisaukan bila anda memperhatikan tips dari Holisticare Dentalclinic berikut ini:


-Menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggosok gigi dan lidah secara benar. Jika menggunakan cairan kumur, jangan memakai cairan dengan kandungan alkohol di atas 25% karena memicu risiko kanker rongga mulut. Dan periksakan gigi kalian ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.
-Hindari rokok dan alkohol karena berefek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.
-Perbanyak konsumsi buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel. Teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau sehari. Selain itu keju yang rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi. Minuman probiotik seperti yogurt juga mampu memelihara pencernaan dan menghambat bau mulut.
nah gmna Girls....udah sering nglakuin kegiatan sama kaya diatas gak..???
gue sih enggak..:waks..

Nah intinya..selama puasa kita gak boleh bermalas2san..masak iya mau tiduran mulu tiap hari...
hehe...mending2 ke salon buat spa, totok wajah, ato apa kek..

Oke dah..Mbak Tips ngucapin Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Aja buat kalian Girls...
Semoga bisa penuh sampe akhir..
dan setia kunjungi Tips4Ugirls
Gamsahamnida...

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar